PUPR Mamuju

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MAMUJU

Search

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN MAMUJU

Kabupaten Mamuju terletak di sebelah Barat Pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Barat. Secara Geografis Kabupaten Mamuju terletak di posisi koordinat 2o8’13”-2o 56’41” Lintang Selatan dan 117o 8’10”- 119o 51’33” Bujur Timur dengan luasan kurang lebih 4,954,57 (empat ribu sembilan ratus lima puluh empat) kilometer persegi.Secara administrasi, Kabupaten Mamuju berbatasan dengan

- Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Mamuju Tengah;

- Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Luwu Utara;

- Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Majene, Kabupaten Mamasa, dan Provinsi Sulawesi Selatan; dan

- Sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur

Kabupaten Mamuju dengan wilayah yang terdiri dari wilayah pesisir dan laut, daratan, dan pegunungan dan merupakan wilayah terluas di Provinsi Sulawesi Barat memiliki luas wilayah 4.954,57 km2, secara administrasi pemerintahan terbagi atas 11 kecamatan, terdiri dari 88 Desa, dan 13 kelurahan. Kecamatan terluas di Kabupaten Mamuju yaitu Kecamatan Kalumpang dengan luas wilayah 1.792,55 Km2 atau 36,18 persen, sedangkan kecamatan yang memiliki luas wilayah terkecil adalah Kecamatan Bala-balakang dengan luas wilayah 1,47 Km2 atau 0,03 persen, dan untuk ibukota kabupaten yaitu Kecamatan Mamuju dengan luas 246,22 Km2.

Berdasarkan jarak terhadap ibukota kabupaten maka Kecamatan Balabalakang memiliki jarak terjauh sekitar 188,62 km, sedangkan yang terdekat adalah Kecamatan Mamuju yang juga merupakan ibukota kabupaten.Kecamatan Balabalakang juga merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Mamuju yang tidak bisa diakses menggunakan angkutan darat. (Lampiran Peta Administratif Wilayah Kab. Mamuju)